Tentang Blog ini

Blog ini adalah blog pribadi, dibuat guna memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya mahasiswa STIE Buddhi mengenai program-program kerja STIE Buddhi baik yang sedang berjalan maupun yang akan dilaksanakan dikemudian hari, sekaligus sebagai jembatan komunikasi antara Sekolah, Dosen, Mahasiswa dan masyarakat yang peduli terhadap Buddhi. Semoga Blog ini dapat bermanfaat demi kemajuan kita bersama.
by : kampuszona50.blogspot.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA!

Rabu, Juli 29, 2009

Trik Jitu Supaya Lulus Semua Mata Kuliah

Ada sebagian mahasiswa yang tidak PD ketika ia harus mengikuti suatu mata kuliah yang banyak hitung-hitungannya. Atau ketika ia mendapatkan Dosen yang menurut gossip adalah Dosen yang Saklek. Sebetulnya tidak terlalu sulit menghadapi keadaan tersebut.
Berikut adalah trik-trik yang dapat kamu terapkan dalam mengikuti perkuliahan di STIE Buddhi. Namun sebelumnya kamu harus ingat kata2 iklan berikut :
“Ingin Pintar?, Makanya Belajar”.
Dijamin keberhasilannya 99% tergantung dari kamu sendiri………
Begini triknya :
1. Kehadiran.
Usahakan untuk hadir pada setiap pertemuan, jangan sampai ada bolong satu hari pun. Jikalau terpaksa tidak hadir karena berhalangan, sebaiknya kamu hubungi Dosen yang bersangkutan sebelum perkuliahan dimulai (jika Dosen ybs mengizinkan komunikasi melalui HP). Jika tidak bisa menghubungi melalui HP, maka sebaiknya kamu temui Dosen tsb secepatnya dikampus Buddhi, jangan menunggu sampai pertemuan minggu berikutnya (kecuali kamu sakit dan belum sembuh). Utarakan alasan kamu berhalangan hadir pada pertemuan yang lalu, mintakan Tugas yang harus kamu kerjakan sebagai pengganti ketidak hadiran kamu.
Jika trik pertama ini kamu lakukan, niscaya Dosen akan menilai keseriusan kamu.

2. Perhatian.
Usahakan kamu hadir dikelas tidak terlambat. Duduklah pada posisi dimana kamu dapat melihat dengan leluasa ke Dosen ybs dan juga ke Whiteboard atau Screen LCD. Begitu juga Dosen ybs dapat melihat kamu dengan jelas tanpa terhalang oleh teman kamu. Beranikan diri untuk bertanya atau mengutarakan pendapat disaat mengikuti perkuliahan. Jika memungkinkan, tanyakan lagi kepada Dosen ybs apabila ada hal-hal yang tidak kamu mengerti setelah selesai kuliah sebelum Dosen tsb meniggalkan ruang kelas.
Jika trik kedua ini kamu terapkan, maka kamu akan mendapatkan kedekatan dan menjadi perhatian Dosen ybs, sehingga Dosen tsb dapat mengenal kamu dengan baik.

3. Fokus.
Fokuslah pada apa yang dijelaskan oleh Dosen ketika mengajar. Cari dan pahami apa yang dimaksud oleh Dosen ybs dalam menerangkan. Jika harus mencatat, catatlah point2 yang penting, tidak harus mencatat secara keseluruhan, Catat kata-kata kuncinya saja dan catatan tersebut kamu rapikan dan kembangkan lagi menggunakan bahasa yang mudah kamu ingat dan pahami setelah perkuliahan selesai. Jika hal ini kamu lakukan, maka kamu akan dapat mengerti inti materi perkuliahan, bukannya menghapal.

4. Kerjakan Tugas.
Jangan anggap remeh tugas atau Quis yang diberikan oleh Dosen, sebab tugas merupakan salah satu unsur penilaian dan memiliki bobot 20% dari nilai akhir yang kamu peroleh untuk satu mata kuliah. Kerjakan tugas dengan sebaik-baiknya dan kumpulkan secepatnya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, jangan asal jadi saja. Jika kamu serius mengerjakan tugas, maka sang Dosen pasti tidak akan segan-segan mengangkat nilai kamu melalui nilai tugas ini.

5. Pertemanan.
Buatlah satu grup pertemanan dalam kelas (tapi jangan bersikap eksklusif). Dengan grup pertemanan ini, kamu bisa saling membantu tentunya dalam hal positif. Jika ada hal2 yang tidak dimengerti, maka teman satu grup yang lebih mengerti dapat membantu kamu untuk memahaminya. Selain itu, dengan bersama teman, kamu akan lebih berani dan tidak merasa sendirian. Jika hal ini kamu ikuti maka perkuliahan akan terasa lebih mudah, berkesan dan menyenangkan.

6. Buku dan Catatan.
Persiapkan bahan belajar kamu selengkap mungkin. Bacalah buku dan catatan tersebut dan pahami, terutama menjelang Ujian. Tidak perlu membaca secara keseluruhan kecuali jika kamu memang ingin mengetahuinya. Pelajari hanya pada topik2 materi yang diajarkan. Kamu bisa mengetahui materi apa saja yang diajarkan dalam satu mata kuliah melalui Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Mintakan SAP tersebut ke Dosen ybs sejak awal pertemuan kuliah. Jika trik ini kamu jalankan, maka belajar kamu dapat lebih terarah dan fokus. Kamu juga dapat mempersiapkan diri kamu untuk memahami suatu materi sebelum Dosen ybs mengajarkan.

7. Jangan pernah mengandalkan Contekan.
Sebelum menghadapi ujian, baik UTS maupun UAS pastikan kamu datang lebih awal agar pikiran kamu tidak panik karena tergesa-gesa. Manfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin dengan belajar, sehingga kamu sudah siap dan tak perlu berharap lagi pada contekan. Sebab menyontek adalah sesuatu yang belum tentu bisa kamu lakukan saat ujian dan resikonya sangat tinggi. Seorang mahasiswa STIE Buddhi yang tertangkap basah dan terbukti mencontek saat ujian, maka nilai ujian untuk mata kuliah tersebut dinyakan NOL (0). Sehingga hampir bisa dipastikan kamu tidak akan lulus untuk mata kuliah tersebut, Sangat disayangkan bukan. Camkan trik berikut ini agar pengorbananmu selama mengikuti kuliah tidak sia-sia.

8. Hal-hal pendukung.
Hindari hal-hal sepele yang dapat menghambat keberhasilan mu dalam kuliah seperti lupa bawa buku/catatan, lupa mengerjakan tugas, lupa bawa kartu ujian dan hal-hal sepele lainnya. Buat catatan kecil sebagai pengingat. Siapkan kelengkapan pendukung kuliah sebaik mungkin agar kuliahmu tidak gagal hanya karena hal sepele.

Demikian trik-trik yang bisa kamu terapkan. Semoga hal ini bisa membantu para mahasiswa/i STIE Buddhi dalam menjalankan aktifitas kuliahnya sehingga diharapkan seluruh mahasiswa memiliki nilai yang bagus dan IPK yang tinggi. Dan jika telah berhasil, jangan lupakan zona50, Kirim komentar dan testimony-nya setelah menerapkan trik ini.

Kampuszona50.blogspot.com

1 komentar: